Suhu Air

Chiller
Chiller
Suhu merupakan hal yang tidak kalah pentingnya agar memperoleh kualitas dan bentuk tanaman yang optimal. Seperti tanaman jenis moss memerlukan suhu yang cukup dingin agar menghasilkan warna yang cerah dan bentuk yang tebal serta lebat. Suhu rata-rata aquascape sekitar 25-28 derajat celsius, untuk memperoleh suhu terebut ada berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan kipas ( Fan ) AC/DC ataupun Chiller.


Apabila kita menggunakan fan sebagai cara untuk menurunkan suhu air 2-3 derajat sangat mungkin dilakukan, namun apabila kita menggunakan cara ini penguapan air juga terjadi dengan cepat. Sehingga kita harus menambahkan air secara berkala untuk menggantikan penguapan air tersebut.

Penggunaan chiller pada Aquascape sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki budget extra, karena harganya yang tidak terbilang murah namun hasil yang kita dapatkan akan sangat maksimal. Banyak kemudahan yang kita dapat, antara lain kita dapat  menentukan besar suhu yang diinginkan untuk aquascape yang kita miliki dan kita tidak perlu terlalu sering mengisi air untuk mengatasi penguapan, karena penguapan air yang terjadi saat kita menggunakan chiller jauh lebih sedikit dibandingkan kita menggunakan fan.

No comments:

Post a Comment