Jenis Lampu Aquascape

Lampu Aquascape
Lampu Aquascape
Jenis lampu untuk digunakan pada aquascape disesuaikan dengan ukuran dan tema aquascape yang anda miliki. Ada beberapa jenis lampu yang dapat digunakan, antara lain :

 

Lampu PL
Lampu PL
Lampu PL (Power ligt)
Jenis lampu ini mempunyai ukuran lebih kecil namun ternyata mempunyai tingkat lumens yang lebih tinggi dibandingkan lampu TL, sehingga kita dapat memasang lebih banyak lampu untuk aquascape kita, sehingga lampu jenis ini cocok untuk aquascape high light. Ukuran standar lampu PL= 18 watt (21cm, 1200 lumen), 24 watt (31cm, 1800 lumen) dan 36 watt (41cm, 2900 lumen).


Lampu TL
Lampu TL
Lampu Tubular Lamp (TL)
Lampu ini merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan untuk aquascape. Dengan model silinder memanjang dapat memberikan keuntungan penyebaran cahaya secara merata keseluruh sudut aquarium. Namun lampu ini mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga banyak memakan ruang atas aquarium jika digunakan di aquarium high light. Ukuran umum lampu TL = 18 watt (60cm, 1300 lumen), 36 watt (120cm, 3250 lumen) 


lampu Metal Halide
Lampu Metal Halide
Lampu Metal Halide (MH)
Jenis lampu ini cocok digunakamn pada aquarium yang memiliki  kedalaman atau ketinggian kaca yang lebih dari 60cm. Karena lampu ini mempunyai intensitas lumens paling tinggi dibandingkan jenis lampu lainnya. Namun perlu diingat bahwa kekuatan lumens lampu ini terfokus di area tepat dibawah lampu, sehingga memerlukan perhitungan yang tepat untuk menentukan jumlah lampu Metal Halide yang akan digunakan.Ukuran umum lampu Metal Halide = 70 watt (5500 lumen), 150 watt (12.000 lumen) dan 250 watt (20.000 lumen)

1 comment: