Parameter Air Aquascape

Parameter air  adalah salah satu komponen yang paling sering diabaikan atau sering di salah  pahami ketika kita ingin memulai aquascape atau ingin memelihara udang, terutama pada  PH, GH dan KH. Hubungan antara PH dan KH. Demikian pula dengan test kit, test kit untuk GH dan KH adalah test kit yang paling sering diabaikan pada saat kita memelihara aquascape, padahal GH Dan KH juga merupakan hal yang sangat penting dari parameter air begitu juga dengan kadar CO2 dalam air.


PH (Per Hidrogen)
PH adalah ukuran keseimbangan antara hidrogen (h +) dan hidroksida (oh) ion dalam air. Skala PH bernilai dari 0 - 14. Seperti yang kita tahu, nilai PH 7,0 berarti bahwa ph air netral, dengan pembacaan 0 - 6,9 sebagai asam dan menjadi 7,1 - 14 basa.

PH juga berfungsi sebagai pusat konsentrasi dari KH dan CO2. Artinya, kita dapat menentukan jumlah co 2 (mg / l atau ppm) dalam air jika kita mengetahui nilai PH dan KH. Dalam pengaplikasiannya, PH akan berfluktuasi bila kita menambahkan CO2, sedangkan KH tetap stabil.

GH (General Hardness) 
GH adalah ukuran dari jumlah magnesium (mg +) dan kalsium (ca +) ion dalam air. Ketika kita menyebut air sebagai “soft” atau “hard,” kita merujuk pada GH. Hal ini diukur dengan satuan degrees of hardness (dh). Satu dh adalah sekitar 17,5 mg / l (ppm).

Tabel GH
Source : Indoaquascape.com


 
CO2 ada didalam air dengan konsentrasi yang jauh lebih besar daripada gabungan oksigen dan nitrogen (70:2:1). Kita sering melakukan penambahan pasokan CO2 dengan harapan tanaman akan tumbuh dengan cepat dan subur, tapi sebenernya kita juga harus memahami hubungan antara CO2, KH dan PH. Tanpa terlalu detail kedalam proses kimianya, ketika karbon dioksida (CO2) larut  didalam air, ia akan menjadi asam karbonat dengan meningkatkan jumlah asam dan menurunkan PH dalam akuarium. Jumlah karbonat (KH) yang ada di dalam air akan menentukan seberapa jauh PH akan turun.

Untuk mempermudah, dibawah ini adalah bagan hubungan dari PH, KH dan CO2 :

Source : Indoaquascape.com

Dalam tabel diatasWarna biru tua, menandakan bahwa CO2 dalam konsentrasi tinggi, sedangkan warna biru muda menandakan bahwa CO2 dalam konsentrasi cukup sedangkan warna putih CO2 dalam konsentrasi rendah.

Sumber : Indoaquascape 

No comments:

Post a Comment